Implementasi NLE 2024

Simplifikasi proses bisnis merupakan salah satu bentuk perbaikan layanan dari Pemerintah termasuk Bea Cukai di dalamnya. National Logistics Ecosystem merupakan terobosan pemerintah untuk mengefisienkan biaya dan waktu logistik melalui platform digital yang memberikan pelayanan logistik dari hulu (kedatangan kapal) hingga hilir (gudang/pabrik).

Melalui Instruksi Presiden Nomor 5 Tahun 2020 tentang Penataan Ekosistem Logistik Nasional serta didukung dengan program Strategi Nasional pencegahan Korupsi (Stranas PK), Pemerintah berkomitmen untuk memastikan kelancaran pergerakan arus barang ekspor dan impor, maupun pergerakan arus barang domestik, baik antardaerah dalam satu pulau, maupun antarpulau.

Tahun 2024, Terminal Khusus Tanjung Bara mendapatkan mandat untuk implementasi NLE. Bersama dengan Kantor Unit Penyelanggara Pelabuhan Kelas II Sangatta, Kantor Imigrasi Kelas I TPI Samarinda, Balai Kekarantinaan Kesehatan Kelas I Samarinda, PT Kaltim Prima Coal, dan PT Dire Pratama Sangatta mengadakan kick-off meeting bertempat di Aula Sinergi KPPBC TMP C Sangatta.

Harapannya dengan Kick Off Meeting ini (30/1) dapat memberikan gambaran kepada instansi serta pengguna jasa terkait agar mempersiapkan implementasi NLE agar berjalan sesuai dengan rencana.

31 januari 2024

Dokumentasi